Jenis-Jenis Efek Stompbox Gitar

Go down

Jenis-Jenis Efek Stompbox Gitar

Post by groupbands on Sat Aug 02, 2014 3:40 am

Berikut Jenis-Jenis Efek Stompbox Gitar


1. Noise Gete/Noise Reducer
Yang pertama adalah unit noise gate atau noice reducer, jenis stompbox ini berguna untuk meredam noise atau membantu mengurani noise, baik itu yang di sebabkan oleh input gitar, maupun yang disebabkan oleh amply dan efek yang lain.


2. Compressor dan Compressor Sustainer
Compressor pada susunan stompbox berguna untuk mengcompress suara yang masuk, proses kompresi ini bertujuan untuk menstabilkan output yang keluar Sedangkan pada compressor sustianer terdapat fitur yang ditambahkan yaitu sustainer yang berguna untuk memanjangkan dan memaksimalkan sinyal input yang masuk.


3. Wah dan Whammy
Cara kerja Efek Wah ialah dengan perputaran tone otomatis pada unit efek tersebut jadi terdengar sepeti bunyi wah wah atau wak wak, sedangkan untuk whammy berkutat pada oktav jadi seakan memainkan nada di oktav tinggi padahal yang dimainkan di oktav yang lebih rendah, jika pedal whammy dimainkan diinjak kedan dan kebelakang maka akan menimbulkan efek seperti berteriak.


4. Overdrive, Distorsi dan fuzz
Pada dasarnya ketiga Efek ini masih satu family, perbedaannya hanya terletak di besaran gain dan peaknya. Overdrive adalah jenis stompbox yang sistem kerjanya menaikkan gain dari sinyal input sehingga suaranya menadi pecah. Sama halnya dengan overdrive sistem kerja distorsi juga memcah sinyal yang masuk namun peningkatan gain pemecahan suaranya lebih besar dibandingkan dengan overdrive. Sedangkan untuk Fuzz adalah level tertinggi untuk masalah proses pemecahan suaranya, jadi bisa di bilang fuzz lebih pecah dibanding overdrive dan distorsi.


5. Pre Amp dan Cabinet Simulator
Pre Amp adalah Simulasi Amply yang diminimalkan dan dibuat dalam bentuk stompbox, Fungsinya bisa untuk menggantikan head amply, seperti menambah gain dari sinyal input dan juga mengatur besaran gain equalizernya. Sedangkan Cabinet Simulator yang sesuai dengan namanya ialah simalasi dari kabinet amply berbagai ukuran dari yang ukuran 1×10 sampai yang 4×12, cabinet simulator sangat membantu untuk para gitaris yang mana output gitarnya di direct langsung ke mixer tanpa lewat amply, karena biasanya jika di directb langsung ke mixer suara distorsi dari output efek akan terdengar sangat pecah, nah disinilah fungsi Cabinet Simulator sangat membantu.


6. Modulation
Modulation atau Modulasi adalah pelengkap untuk susunan stompbox. peranan modulasi memang tidak sepenting distorsi atau preamp, modulasi hanya menambahkan efek-efek suara khusus yang unik. Ada beberapa efek modulasi yang menawarkan suara unik. Beberapa contoh dari efek jenis ini adalah Chorus, Flanger, Phaser, Tremolo dan lain-lain.


7. Ambience (Delay dan Reverb)
Pada Jenis Ambience terdapat dua jenis yaitu delay dan reverb, fungsi ambience adalah memberikan efek gema pada sinyal output yang keluar. Delay adalah jenis ambience yang memeberikan efek gema berulang atau suara telat yang di ulang dari suara yang kita mainkan sebelumnya yang mana waktu pengulangan atau gema baliknya dapat kita atur besaran, waktu dan berapa kali proses pengulangannya. Agak berbeda dengan delay, reverb merupakan suara gema yang bias, dengan kata lain gema yang di timbulkan oleh reverb tidak terlalu kelihatan pengulangannya tapi hanya menimbulkan efek gema rapat seperti pada ruang, goa, lembah dan lain-lain.


Terakhir diubah oleh groupbands tanggal Sat Aug 02, 2014 3:47 am, total 1 kali diubah
avatar
groupbands
Penikmat Musik

Jumlah posting : 3
Participate Points : 10981
Join date : 21.06.14
Age : 33

Lihat profil user http://groupbands.com/

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik